VISI & MISI
A. Visi
SMA Muhammadiyah
8 Kisaran memiliki visi:
Terwujudnya
Institusi yang bernafaskan Islami, Berilmu, Berbasis Teknologi,
Berprestasi dan Peduli Lingkungan serta Berkemajuan.
Maksud dari visi tersebut adalah
- Sekolah islami : memiliki nilai keagamaan khususnya agama islam, berakhlak islami, menjalankan ibadah sholat dan syariat islam lainnya seperti sholat dhuha, puasa sunnah dan mabit
- Berilmu: berprestasi dalam perolehan ujian, perlombaan kreativitas seni, olah raga dan IPTEK.
- Berbasis teknologi: menggunakan teknologi informasi dalam belajar mengajar, menggunakan ujian berbasis teknologii
- Berkemajuan: memadukan teknologi dan keagamaan menuju masa depan, mengarahkan siswa mampu menatap masa depan, menyiapkan siswa dalam kemajuan teknologi dan pengetahuan.
B. Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah memiliki misi:
- Meningkatkan iman dan taqwa (IMTAQ), kepada seluruh warga SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.
- Melaksanakan pembelajaran dan pengembangan diri secara aktif dan efisien untuk menciptakan keunggulan di bidang akademik, penggunaan bahasa inggris, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta memiliki prestasi dalam kompetensi di bidang IPTEK, sains, olah raga dan seni.
- Menanamkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai luhur bangsa dengan mengaplikasikannya baik di sekolah, dirumah, maupun di masyarakat.
- Menciptakan kultur yang baik untuk terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari masing masing komponen sekolah (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa) SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.
- Memberi kesempatan peserta didik seluas-luasnya untuk meningkatkan kemampuan potensi dan bakat seoptimal mungkin melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
- Menciptakan dan mengaplikasikan kebijakan berwawasan lingkungan/ramah lingkungan.
- Menumbuhkan jiwa enterpreunership.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Jangka Panjang
Adapun tujuan jangka panjang SMA Muhammadiyah 8 Kisaran adalah sebagai berikut:
- Mempersiapkan peserta didik yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia dan berkarakter kuat;
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;
- Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik;
- Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri;
- Menanamkan kepada peserta didik untuk bersikap ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dengan lingkungan;
- Mengembangkan sikap sportifitas dalam semua aspek kehidupan;
- Membudayakan peserta didik agar mampu melanjutkan Pendidikan secara optimal baik di dalam maupun luar negeri;dan
- Membekali siswa dengan skill/keterampilan yang dapat bersaing di era global dan peduli lingkungan.
- Mempersiapkan peserta didik untuk terbiasa menghafal Al-Qur’an.
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
2. Tujuan Jangka Menengah
Adapun tujuan jangka menengah SMA Muhammadiyah 8 Kisaran adalah sebagai berikut:
- Mempersiapkan siswa yang berakhlak mulia kepada sesama dan Allah SWT;
- Membekali siswa dengan keahlian berpikir kritis, kreatif dan inovatif;
- Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non akademik..
- Melatih peserta didik dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri secara mandiri
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila serta peduli terhadap lingkungan Membentuk siswa yang berkepribadian untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam menghadapi masalah kehidupan.
- Mempersiapkan peserta didik agar mampu melanjutkan ke perguruan tinggi negeri atau luar negeri/internasional; dan
- Melatih peserta didik menguasai soft skill dan hard skill pada tingkat lokal,nasional maupun global dan merawat lingkungan.
- Mempersiapkan peserta didik untuk menghafal Al qur’an.
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
3.
Tujuan Jangka Pendek
Adapun tujuan jangka pendek SMA Muhammadiyah 8 Kisaran adalah sebagai berikut:
- Membudayakan sekolah ramah anak yang berkepribadian baik sesuai dengan atuaran agama dan hukum negara;
- Memfasilitasi pembelajaran yang professional untuk meningkatkan kemampuan afektif, pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan berpikir analitis logis;
- Meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam pembelajaran di kelas maupun pada kompetisi-kompetisi pada bidang akademik;
- Membentuk kepribadian siswa sesuai dengan prinsip Profil Pelajar Pancasila;
- Menumbuhkembangkan karakter Projek Profil Pancasila pada peserta didik yang berkualitas tinggi;
- Menyediakan fasilitas untuk kokurikuler dan ekstrakurikuler yang terprogram dan berkesinambungan sesuai minat dan potensi;
- Menumbuhkembangkan karakter dari dimensi Profil Pelajar Pancasila selama proses pembelajaran dengan lingkungan budaya positif;dan
- Menyusun pengorganisasian pembelajaran yang efisien dan efektif oleh guru yang professional dan ramah pada lingkungan;
- Melatih siswa terbiasa untuk membaca/menghafal ayat-ayat Al qur’an.
- Menumbuhkah karakter dari dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran.
Strategi untuk
Mencapai Tujuan
Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan SMA Muhammadiyah 8 Kisaran menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah:
- Menyusun kurikulum operasional sekolah yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan atmosfer lingkungan sekolah;
- Menyusun tim IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), PMO (Pokja Managemen Operasional), Tim Pengembang Kurikulum, Koordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, di beberapa tim pendukung lainnya;
- Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, dan kegiatan pendukung lainnya) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun;
- Melibatkan berbagai stake holder yang peduli tentang kemajuan sekolah baik dari pemerhati Pendidikan, masyarakat sekitar, institusi sekitar dan orang tua musrid;
- Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasarkan analisis kebutuhan untuk mencapai misi dan tujuan sekolah;
- Menyusun rencana, pelaksanaan serta evaluasi yang dilengkapi dengan instrument yang valid dan reliabel, pendampingan dan pengembangan kegiatan pembelajaran;
- Melakukan evaluasi pembelajaran (setiap periode bulanan dan semesteran) dan program perbaikan tahunan; dan
- Membangun fasilitas pendukung dan menjadikan rapor Pendidikan sebagai cerminan pencapaian.